Caranya Hilangkan Jamur Dan Lumut Yang Menempel Di Dinding

Bangunrumah123.com – Kondisi iklim dapat berpengaruh kepada kondisi bangunan rumah, terutama iklim tropis seperti di Indonesia. Biasanya bangunan di daerah iklim tropis lebih mudah tumbuh jamur.

Jamur-jamur itu tumbuh pada ruangan yang lembap, seperti kamar mandi, wastafel, atau dinding luar yang sering terkena cipratan hujan. Namun, memang bukan hanya itu penyebab dinding berjamur, penyebab lainnya, yaitu akibat atap bocor atau air tanah naik ke dinding.

Adanya jamur ditandai oleh noda hitam yang menyebar pada area tertentu di dinding, sedangkan dinding berlumut biasanya kelihatan dari suatu area yang berwarna hijau. Kedua masalah tersebut dapat membuat dinding sedikit demi sedikit melapuk sehingga berkurang kekuatannya.

Bila jamur dan lumut sudah tumbuh di dinding, sebaiknya segera diatasi dengan cara berikut ini. Tapi sebelum memulai pekerjaan, jangan lupa untuk gunakan sarung tangan dan masker.

cara hilancara hilangkan jamur lumut dinding
cara hilangkan jamur lumut dinding

Baru mulai bersihkan jamur dan lumut pada dinding dengan menggunakan kape sekrap dan sikat kering kemudian semprot air bersih. Selanjutnya, campurkan 500 gram kaporit atau larutan pemutih dengan 2 liter air.

Usapkan lap ke dinding secara merata. Biarkan selama satu jam agar jamur dan lumut mati. Semprotkan air bersih ke dinding untuk membiasnya.

Lalu, setelah dinding menjadi kering, sapukan cairan antijamur dan antilumut dengan kuas. Biarkan selama 2-6 jam. Setelah itu diamkan, lalu bilas lagi dengan air bersih.

Biarkan selama satu hari agar dinding benar-benar kering. Baru alikasikan cat dasar dan tunggu sampai kering. Aplikasikan cat dinding berupa cat khusus antijamur dan antilumut.

[admin]

berbagaisumber

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.